Cara Bekerja dari Rumah Seproduktif Bekerja di Kantor

Hal yang lazim diketahui oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia kantor biasanya bertempat di gedung-gedung tinggi atau daerah perkotaan besar yang mudah ditemukan. Menurut KBBI, kantor merupakan sebuah balai(Ruang, gedung dan rumah) tempat yang digunakan untuk mengurus suatu pekerjaan (suatu instansi atau perusahaan); tempat bekerja. Dibentuknya sebuah kantor adalah untuk memberikan pelayanan komunikasi dan perekaman suatu informasi secara baik dan terkendali[1].

Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan kegiatan yang biasanya dilakukan secara manual dan langsung dapat dilakukan secara otomatis dan virtual. Tidak sedikit instansi besar didunia ‘saling sikut’ untuk menjadi yang terbaik dalam menyediakan layanan seperti media yang biasa digunakan dalam urusan perkantoran. Bahkan dalam waktu terbitnya artikel ini, untuk melakukan rapat secara tidak langsungpun sudah dapat dilakukan dan tentunya bisa dilakukan dimana saja.

Dalam hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pengusaha atau pebisnis yang belum memiliki kantor, terlebih untuk para perintis usaha atau start-up biasanya sangat memanfaatkan hal tersebut. Dengan banyaknya aplikasi atau software yang dapat membantu seperti pembuatan dokumen, rapat secara online, ataupun papan proyek atau jurnal secara online sehingga dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja tentu bisa sangat membantu para pemula usaha atau sebuah startup.

Namun begitu tidak semua pekerjaan bisa diselesaikan secara online. Ada beberapa sektor pekerjaan yang memang harus dilakukan di suatu tempat secara bersama. Selain itu dalam beberapa kondisi pekerjaan juga akan cepat selesai bila dikerjakan bersama secara langsung, karena pasti akan ada saja hambatan atau tantangan ketika bekerja secara daring seperti jaringan internet yang tidak memadai, kondisi ruangan yang tidak kondusif dan kesalahpahaman karena misscommunication.

Berikut beberapa tips agar bekerja dari rumah dapat dilakukan secara optimal:

1. Tentukan spot yang menurut anda berdedikasi dan nyaman

Setiap orang memiliki tingkat kenyamanan dan mood yang berbeda-beda, bahkan ada yang hanya menggunakan kain sarung dan pakaian seadanya namun dapat bekerja secara produktif.

2. Tentukan mitra kerja yang tepat

Menetukan teman kerja yang bisa diajak bekerja secara daring tentu bisa mendongkrak semangat anda dalam melakukan pekerjaan dan pastinya suasana menjadi tidak sepi. Akan tetapi sebagian orang ada juga yang memang lebih suka dengan suasana yang tenang sehingga tidak membutuhkan partner kerja.

3. Memiliki rencana

Ketika melakukan pekerjaan sendirian maka disarankan untuk memiliki rancana, baik rencana untuk kegiatan harian atau rencana menyelesaikan target pekerjaan.

4. Bagaimana anda berkomunikasi

Dalam pekerjaan tentunya harus dapat melakukan komunikasi secara jelas, cepat, serta akurat karena jika tidak maka akan terjadi miss communication antara satu pekerja dengan pekerja lainnya.

5. Setiap orang punya cara kerja masing-masing

Tidak semua orang dapat membiasakan dirinya untuk melakukan pekerjaannya diluar kantor. Ini menyangkut kebiasaan dari pekerja tersebut, parahnya seorang pekerja dapat mengalami stres karena tidak terbiasanya bekerja di luar kantor.

6. Jangan lupa bersantai

Jangan hanya berkutat didepan laptop atau computer, diperlukan juga sedikit bersantai dengan berjalan-jalan atau berkumpul dengan keluarga karena inspirasi dan semangat untuk bekerja bisa datang dari mana saja.

[1]    “Kantor: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Kegiatan | Portal-Ilmu.com.” [Online]. Available: https://portal-ilmu.com/pengertian-kantor/. [Accessed: 19-Mar-2020].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *