Jadikan Momen #DiRumahAja Menjadi Hal-hal yang Bermanfaat

someone uses macbook when working from home

Sesuai dengan anjuran dari pemerintah perihal pembatasan sosial (social distancing) kita dianjurkan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diperlukan di luar rumah dan tetap berada di dalam rumah. Hal ini dimaksudkan untuk memperlambat dan menghentikan penyebaran virus corona atau COVID-19 ini yang kian hari angkanya kian meningkat. Tujuannya sendiri adalah supaya mengurangi potensi tertular akibat kontak dengan orang lain yang terinfeksi virus tersebut.

Tentu selama social distancing kita lebih banyak menghabiskan waktu dan melakukan aktivitas di dalam rumah. Mulai dari bekerja dari rumah, belajar dari rumah, meeting dari rumah, dan tentu masih banyak kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan di rumah aja. Tentu selama di rumah aja rasa bosan akan pasti muncul, karena kita terlalu lama melakukan kegiatan-kegiatan di rumah.

Kendati demikian, rasa bosan tak selalu menjadi mimpi buruk bagi Anda. Sebab, ada banyak kegiatan-kegiatan berikut yang dapat menjadi seru sekaligus bermanfaat selama #DiRumahAja. Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan selama di rumah aja.

Membaca Buku

Melihat buku-buku berjejer rapi di rak buku milik kita rasanya malu bila kita tidak membacanya, tetapi malah di pajang begitu saja. Tentu kita masih ingat bukan “Buku adalah jendela dunia”. Ya, kutipan tersebut masih melekat dalam ingatan kita semenjak kita masih duduk di bangku sekolah. Buku merupakan sumber ilmu pengetahuan, sejatinya semakin kita banyak membaca buku, semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang kita miliki.

Membaca buku merupakan kegiatan yang mengasyikan sekaligus bermanfaat diantaranya adalah dapat mengurangi stress. Ya, para peneliti dari University of Sussex mengungkapkan bahwa dengan membaca buku dapat mengurangi level stress hingga 68% hanya dalam waktu enam menit kita membaca buku. Hal ini dikarenakan ketika kita membaca buku kita diajak menuju imajinasi dari cerita buku tersebut sehingga melupakan stress sejenak yang dialami.

Menonton Film Bersama Keluarga

Jalan-jalan bersama keluarga dalam situasi pandemi COVID-19 ini tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk mencegah penyebaran infeksi virus tersebut. Tetapi Anda tidak perlu risau untuk melakukan aktivitas menyenangkan bersama keluarga Anda. Menonton film merupakan aktivitas menyenangkan yang patut Anda coba bersama keluarga.

Salah satu manfaat yang dapat kita ambil saat menonton film bersama keluarga adalah memberikan pelajaran kepada anak-anak. Tentu semua film memiliki pesan moral yang terkandung dalam setiap ceritanya. Hal ini dapat memberikan pelajaran kepada anak-anak melalui media visual yang dapat dengan mudah ditangkap oleh anak-anak.

Belajar Skill Baru dari Kursus Online

Merasa bosan dengan kegiatan itu-itu saja selama #DiRumahAja, Anda dapat mencoba berlatih skill baru yang dapat Anda pelajari melalui situs yang menyediakan berbagai situs kursus online.

Selain dapat menghilangkan rasa bosan dengan mencoba hal-hal baru, Anda juga dapat skill baru yang nantinya bisa saja berguna dalam karir Anda. Beberapa kursus online bahkan dapat Anda coba dengan gratis, Anda hanya perlu kuota internet untuk memulai kursus tersebut. Menarik bukan?

Beres-beres Rumah

Rumah merupakan tempat kita untuk tinggal bersama keluarga, pada saat momen sekarang tentu banyak aktivitas yang kita lakukan di dalam rumah. Bagaimana jika rumah Anda tampak berantakan? Pasti Anda tidak akan nyaman berada dalam rumah tersebut.

Ya, salah satu manfaat dari beberes rumah adalah kita dapat lebih meningkatkan produktifitas kita dalam melakukan pekerjaan di dalam rumah. Eva Selhub, penulis buku Your Health Destiny: How to Unlock Your Natural Ability to Overcome Illness, Feel Better, and Live Longer, menitikberatkan pentingnya agar rumah selalu rapi yang berarti mempunyai lebih banyak waktu untuk diri sendiri, sehingga membolehkan hidup yang lebih seimbang.

Nah, hal-hal tersebut dapat Anda lakukan selama #DiRumahAja. Tentunya masih banyak hal-hal lain yang tidak kalah bermanfaat selama melakukan social distancing di dalam rumah. Anda juga dapat melakukan kiat-kita berikut agar dapat selalu produktif selama bekerja dari rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *