Manfaat dompet digital bagi UMKM

Di era digital saat ini, banyak hal-hal konvensional yang bertransformasi menjadi digital. Tak terkecuali dengan uang, sudah sejak lama kita bisa berbelanja atau bertransaksi secara digital. Namun populernya dompet digital akhir-akhir ini menjadikan fintech menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Misalnya pedagang kaki lima, warung-warung kecil, dan toko-toko disekitar rumah, kini bisa menggunakan dompet digital dalam menerima pembayaran dari konsumennya. Berbeda dengan layanan debit atau kartu kredit yang sudah ada sejak lama, mungkin hanya toko/gerai tertentu saja yang bisa menerima pembayaran melalui layanan tersebut.

Jika kita lihat melalui sudut pandang masyarakat secara umum, dompet digital banyak memberikan manfaat, seperti tidak perlu repot membawa banyak uang cash ketika berpergian, mendapatkan penawaran promo dari penyedia dompet digital, dan manfaat lainnya seperti tercatatnya pengeluaran mereka. Namun seperti apa manfaat yang bisa dirasakan oleh merchant atau UMKM ketika mereka menerima pembayaran melalui dompet digital?

Tidak ada kontak fisik

Di masa pendemi saat ini, banyak hal yang memaksa untuk dilakukan secara digital, seperti belajar daring, bekerja dari rumah, dan lain-lain untuk membatasi kontak fisik kita. Begitupun ketika akan bertransaksi, dompet digital menjadi solusi agar aktivitas bertransaksi dapat tetap berlangsung dan tetap menjaga kontak fisik kita dengan orang lain.

Promo dari penyedia dompet digital

Promo yang diberikan oleh penyedia dompet digital bukan hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi merchant-pun diuntungkan. Karena dengan adanya promo, daya beli konsumen dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan juga penjualan.

Tidak perlu repot dengan kembalian

Kejadian tidak adanya uang kembalian mungkin sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Ketika penjual dan pembeli sedang bertransaksi, akan tetapi pembeli membawa uang yang pecahannya cukup besar. Tentu ini merepotkan penjual maupun pembeli karena kadang harus mencari orang lain yang bisa menukarkan uang. Belum lagi ketika penjual memiliki konsumen lain yang harus dilayani. Dengan adanya dompet digital, hal ini tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Bisa jadi tabungan

Merchant yang menggunakan dompet digital, akan menerima hasil penjualannya melalui rekening bank. Hal itu merupakan teknis yang diberlakukan oleh penyedia dompet digital dalam melakukan pencairan hasil penjualan merchant-nya. Banyak pelaku UMKM mengakui, bahwa hal ini berdampak positif. Karena secara tidak langsung mereka dibiasakan untuk menyisihkan hasil penjualannya dengan ditabung di bank.

Riwayat transaksi jadi tercatat

Masalah pembukuan atau pencatatan omzet penjualan menjadi hal yang sering kali dikeluhkan oleh pelaku UMKM karena mereka masih melakukan cara-cara konvensional yang kadang memakan waktu. Padahal hal pembukuan merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola usaha, karena dapat menentukan strategi dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya dompet digital, transaksi mereka menjadi tercatat secara otomatis, sehingga proses pembukuan bisa menjadi lebih mudah.

Mungkin banyak yang tidak sadar dengan manfaat yang terakhir yaitu mengenai masalah pembukuan. Padahal hal ini merupakan salah satu alasan mengapa para founder dompet digital membuat layanan ini. Dengan dompet digital yang mereka buat, mereka menginginkan UMKM menjadi lebih baik dalam mengelola keuangannya. Begitupun dengan alasan mengapa Bizlook hadir. Kami menginginkan pelaku UMKM terbantu dalam mengelola keuangannya menjadi lebih baik melalui berbagai layanan keuangan dan konsultasi keuangan yang akan tersedia di platform Bizlook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *