Cloud Platform Gratis untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Saat ini kebutuhan aplikasi berbasis website sangatlah dibutuhkan oleh setiap pemilik usaha. kenapa tidak? Dengan adanya website, setiap pemilik  usaha dapat meningkatkan interaksi yang lebih banyak antara  kostumer dan produk yang dijual. Dengan tingginya interaksi tersebut tentu saja dapat memberikan keuntungan bagi pemilik usaha. Apalagi di kondisi pandemik seperti saat ini, website dapat digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan dan melakukan branding terhadap produk anda.

Untuk membangun website dibutuhkan sebuah server yang dapat diakses oleh siapapun secara realtime selama 24 jam. Salah satu teknologi yang dapat kita gunakan adalah platform berbasis awan (cloud platform). Hal ini memungkinkan seseorang tidak perlu memiliki server fisik secara asli, namun dapat di akses melalui internet oleh semua orang. Berikut adalah cloud platform gratis yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk anda :

Heroku

Heroku adalah layanan penyedia cloud berbasis PaaS (Platform as a Sevice) yang sudah banyak digunakan oleh developer untuk men-deploy aplikasi yang dibuat. Heroku menyediakan kemudahan dengan fitur sekali klik dan tambahan add ons. Paket yang ditawarkan oleh Heroku disebut dengan dyno. Untuk sebuah akun diberikan gratis dyno selama 550 menit/bulan dan tambahan 450 menit/bulan apabila menambahkan kartu kredit.

Untuk paket dyno yang gratis ini akan diberikan limitasi dimana jika dalam waktu 30 menit tidak ada trafik yang datang maka dyno akan masuk posisi mati sementara (sleep) dan akan menyala kembali jika ada trafik yang masuk. Heroku mendukung banyak bahasa, yaitu : Nodejs, python, PHP, dan lain-lain.

Amazon Web Services

Amazon Web Services (AWS) merupakan layanan penyedia cloud computing yang menyediakan layanan dalam bentuk servis-servis yang bisa kita integrasikan sesuai dengan kebutuhan yang kita ingin. AWS sudah secara luas di gunakan dunia dan menawarkan lebih dari 175 layanan. Saat ini sedang di bangun data center di negara Indonesia yang rencananya akan hadir di sekitar akhir tahun 2021 dan 2022.

AWS memberikan lebih dari 60 layanan gratis yang disebut dengan free tier, daftar layanan gratis bisa dilihat di laman berikut. Salah satu layanan yang dapat digunakan adalah Amazon EC2. EC2 bisa kita sebut sebagai Virtual Private Server (VPS). Sebuah VPS di EC2 disebut dengan nama instance dan diberikan gratis 750 jam/bulan

Digital Ocean

Digital Ocean merupakan penyedia insfrastruktur berbasis cloud yang sebuah paketnya disebut dengan nama Droplet. Digital Ocean memberikan layanan gratis dalam bentuk kredit sebesar $100 yang aktif selama 60 hari.

Lalu website seperti apa yang ingin anda buat? Anda dapat berkonsultasi bersama Profesional Bizlook, dimana Bizlook merupakan Online C2C marketplace yang menghubungkan Pelaku UMKM dengan Profesional yang akan segera hadir pada 31 Agustus 2020 dengan 3 (tiga) kategori layanan perdana meliputi Website, Desain Grafis dan Keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *