Pentingnya Brand Awareness dalam Bisnis Anda

Pembaca pasti sudah mengetahui tanpa penulis menyebutkan merek atau brand dari foto perangkat elektronik diatas. Ya, perusahaan perangkat elektronik berlogo buah apel dari Amerika tersebut memang cukup bagus dalam hal me-branding perusahaannya. Beberapa lini produk-produk mereka hampir dari segi warna dan bentuk desain memiliki kesamaan, warna dari produk-produk mereka cenderung monoton, simpel, dan tidak banyak tambahan warna-warna aksen lain. Begitupun dengan bentuk desainnya, cenderung simpel dan tidak neko-neko. Hal ini dapat mempermudah konsumen dalam mengenali produk-produk mereka.

Brand awareness merupakan istilah dalam strategi pemasaran yang dapat menggambarkan tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu merek atau produk. memiliki brand awareness yang kuat merupakan kunci sukses bagi suatu perusahaan agar bisa unggul dalam persaingan bisnis yang begitu ketat. Konsumen cenderung memilih brand atau produk yang mereka ingat pertama kali yang akan mereka beli kemudian.

Level Brand Awareness

Ada tiga level atau tingkatan pada brand awareness yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Brand Recognition atau Aided Recall, adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu produk saat mereka melihat produk tersebut. Pada contoh kasus gambar diatas merupakan salah satu bentuk brand recognition, konsumen mampu mengenali suatu merek saat mereka melihat produk tersebut.
  2. Brand Recall atau Unaided Recall, mengacu pada kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, setiap konsumen cukup mendengar kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk mengingat merek produk tersebut. Ketika pembaca hendak membeli sebuah mie instan, pasti dibenak Anda akan teringat salah satu merek yang cukup terkenal dan legendaris yang menyematkan kata Indo pada awalannya.
  3. Top-of-mind Awareness, mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu. Pembaca pasti mengingat salah satu produk air minum dalam kemasan (AMDK) AQ*A, saat dalam kondisi membutuhkan minum dijalan maupun ditempat umum. Walaupun, pembaca mendapatkan AMDK merek lain tetapi kemungkinan menyebutkan merek tersebut pada pedagangnya.

Strategi dalam Meningkatkan Brand Awareness

Ada beberapa strategi dalam meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Berikut ini penulis berikan strategi yang dalam meningkatkan brand awareness, antara lain:

  1. Perkuat content marketing, dengan ramainya media sosial dan berbagai platform digital, Anda dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan strategi pemasaran dengan membuat konten marketing yang informatif, menarik, dan menghibur agar dapat meningkatkan jumlah tayangan sehingga meningkatkan brand awareness bisnis Anda.
  2. Mengadakan event, percayalah dengan mengadakan event atau acara dari bisnis Anda, konsumen dapat mengenal produk Anda dengan lebih cepat. Misalnya, Anda dapat melakukan event peluncuran produk baru, hal ini dilakukan oleh beberapa perusahaan elektronik seperti perusahaan berlogo buah apel tersebut.
  3. Kolaborasi dengan bisnis lain, pembaca pasti sudah tau kolaborasi antara produk pakaian mahal berawarna merah dengan produk makanan biskuit sandwich yang dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong itu? Ya, kolaborasi tersebut cukup berhasil meningkatkan awareness dari kedua perusahaan tersebut. Konsumen dapat mengenali kemewahan dari brand pakaian tersebut, dan juga konsumen mengenali kelezatan dan keindahan dari perpaduan biskuit dan krim susu dari produk biskuit sandwich tersebut.

Itulah beberapa langkah strategi dalam meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan layanan professional dalam membuat konten pemasaran, ataupun konsultasi keuangan dan bisnis, Anda dapat mengunjungi situs kami: https://bizlook.id (Tuntas Habis Masalah Bisnis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *