Belanja Online Aman Hati Tenang

Sobiz pasti pernah ngerasa khawatir saat mau belanja (bertransaksi) secara online, terlebih bagi kamu yang pertama kali atau beli produk dalam jumlah banyak dan mahal. Apalagi di situasi Pandemi Covid-19 yang hampir semua menjadi “serba online”. Takut kena tipu, takut produknya cacat atau ga sesuai dengan yang dijanjikan. Hal itu wajar dan baik bagi kamu karena sudah memiliki kewaspadaan. Tentunya rasa khawatir tadi bisa kamu atasi dengan tips jitu sebagai berikut:

Kenali dan Pastikan Identitas Penjual dan Platform Online

Sebelum kamu melakukan transaksi pembelian, kamu harus mengenali terlebih dahulu platform yang sedang kamu gunakan dan penjual yang menawarkan produknya dengan cara menelusuri kebenaran identitas si penjual dan melakukan pengecekan platform online yang kamu gunakan pada otoritas terkait (apakah legal dan sudah terdaftar). Pastikan kamu bertransaksi di platform yang memang khusus dirancang untuk melakukan transaksi jual-beli online. Pahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ketahui detail dan spesifikasi dari produk yang dibeli

Setelah kamu merasa cocok dengan produk yang akan kamu beli, pastikan kamu mengetaui secara detail atau spesifikasi produk yang kamu beli yang telah dijanjikan oleh penjual. Pastikan juga keterangan terkait detail atau spesifikasi produk tersebut terdokumentasi.

Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Hindari pembayaran secara langsung (dan full apabila dalam jumlah besar) ke penjual untuk mencegah terjadinya penipuan. Kamu bisa gunakan platform yang telah menerapkan mekanisme rekening bersama (escrow) atau (Down Payment). Perhatikan teknologi pembayaran yang dipakai oleh platform harus telah memiliki sertifikasi atau lisensi keamanan yang mencegah terjadinya pencurian data penting seperti ISO, PCI DSS, AES-256.

Jangan tergiur dengan tawaran yang tidak masuk akal

Saat belanja online kamu harus siapkan mental dan kendalikan emosi agar terhindar dari tawaran-tawaran yang tidak masuk akal. Setiap kali ada tawaran kamu harus bijak menyikapinya, pastikan tawaran tersebut masuk akal dan layak (worthy) untuk kamu peroleh.

Jangan berikan informasi yang bersifat penting dan rahasia

Ingat kamu harus betul-betul menjaga data-data yang bersifat penting dan rahasia seperti username, password, PIN, OTP dan lainnya. Biasakan untuk menggunakan password dengan kombinasi huruf, simbol dan angka (jangan gunakan password yang mudah ditebak). Ganti secara berkala PIN dan Password kamu minimal 6 bulan sekali. Gunakan perangkat dan jaringan pribadi saat melakukan transaksi jangan gunakan perangkat dan jaringan publik karena rentan untuk diretas.

Itu tadi tips jitu dari Bizlook untuk ngatasin rasa kekhawatiranmu dalam berbelanja (bertransaksi) online. Kalau kamu punya tips belanja online aman juga boleh di share di kolom komentar yaaa. Belanja Online Aman, Hatipun Tenang 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *