Lebih baik jualan di Marketplace atau Toko Online sendiri?

Ketika anda sedang memulai atau merintis usaha, mungkin anda berfikir apakah perlu untuk melakukan penjualan secara online? dan pertanyaan berikutnya adalah apakah lebih baik berjualan di Marketplace atau toko online sendiri?

Sebelum kita mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita ketahui lebih dahulu apa yang dimaksud dengan Marketplace dan Toko online itu sendiri. Marketplace merupakan penyedia jasa berbentuk platform website atau aplikasi sebagai perantara dalam mempertemukan pembeli dan penjual. Adapun toko online yang dimaksud adalah platform atau media (website maupun aplikasi) yang dimiliki penjual untuk bertransaksi online dengan pembeli.

Tren Jual Beli Online

Jual beli online di tanah air sebetulnya sudah terjadi sejak hadirnya platform sosial media yakni Facebook dan Forum diskusi online seperti Kaskus. Namun saat itu jual beli online jumlahnya memang belum banyak dan masih sangat rawan penipuan karena sistem yang terbatas (belum berkembang) dan minimnya pengetahuan. Tren jual beli online kemudian berlanjut dengan kehadiran marketplace di tanah air diantaranya tokobagus pada tahun 2005 kemudian disusul Tokopedia di tahun 2009, Bukalapak di tahun 2010 dan terbaru GoFood, GrabFood dan Shopee. Bersamaan dengan hadirnya marketplace, para pelaku usaha juga mulai membuat toko online-nya sendiri-sendiri. Namun saat ini tren membuat toko online sendiri cenderung menurun dibandingkan dengan tren berjualan di Marketplace.

Keunggulan-Kelemahan Marketplace dan Toko Online

Berikut merupakan keunggulan-kelemahan dari Marketplace dan Toko Online yang dapat anda pertimbangkan;

Marketplace

  • Mudah dalam memulai karena Marketplace sudah menyediakan sistem yang mendukung dan siap pakai.
  • Memiliki akses pasar yang lebih luas dan beragam.
  • Membangun brand dari Marketplace bukan dari produk anda sendiri.
  • Terdapat variasi produk (kompetitif) sehingga harus mampu bersaing dengan produk dan penjual yang lain.
  • Tidak memliki kontrol penuh dalam mengatur jual-beli.

Toko Online

  • Memiliki kontrol penuh salah satunya fleksibilitas tinggi dalam menyediakan informasi produk yang menarik kepada calon customer (Customized).
  • Tidak terdapat penjual dan produk lain di toko online anda.
  • Membangun brand dari produk anda sendiri.
  • Membutuhkan resource dan cost yang lebih tinggi dikarenakan perlu membangun sistem sendiri dan melakukan maintenance.
  • Memerlukan upaya yang lebih dalam mendatangkan traffic dan mengakses pasar.

Memanfaatkan lebih dari satu platform untuk berjualan online

Sangat baik apabila anda dapat memanfaatkan lebih dari satu platform untuk berjualan online dimana selain anda berjualan di Marketplace anda juga berjualan di Toko Online sendiri. Hal ini dikarenakan telah mengakomodir berbagai preferensi calon customer dalam melakukan pembelian produk (barang/jasa) secara online.

Jadi lebih baik jualan di Marketplace atau Toko Online sendiri?

Jawabannya adalah anda harus menyesuaikan dengan Model Bisnis, Skala Bisnis, dan Sumber Daya yang anda miliki. Model bisnis seperti b2c/dropshipper/reseller lebih cocok apabila menggunakan media Marketplace sebagai kanal penjualan. Model bisnis berlangganan (subscription) lebih cocok apabila menggunakan Toko Online Sendiri. Kemudian model bisnis e-commerce/manufacture (c2c & b2b) cocok menggunakan keduanya baik Marketplace maupun Toko Online sendiri. Pertimbangan berikutnya adalah skala bisnis dan sumber daya, jika anda baru memulai usaha dengan orang, modal (uang) dan pengetahuan terbatas anda dapat mencoba marketplace lebih dahulu. Barulah ketika usaha anda semakin berkembang anda dapat membangun toko online anda sendiri tanpa harus berhenti menjual produk anda di Marketplace.

Gimana sob? semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang kebingungan dalam menemukan jawaban lebih baik jualan online di Marketplace atau Toko Online sendiri. Share juga jika kamu punya tanggapan atau pendapat lain di kolom komentar.

Gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *