Gimana cara jadi Freelancer?

Belum sempat dapat pekerjaan? terkena PHK? dirumahkan? punya waktu lebih yang bisa dimanfaatkan? punya keahlian tertentu?

Menjadi Freelancer mungkin bisa jadi alternatif pilihanmu

Apa itu Freelancer?

Freelancer merupakan seorang pekerja mandiri yang mendapatkan upah berdasarkan per pekerjaan atau per tugas atau per proyek, biasanya untuk pekerjaan jangka pendek. Biaya yang dikenakan oleh Freelancer akan bervariasi tergantung dari modal, kompleksitas proyek dan juga jam terbang.

Terus gimana caranya jadi Freelancer?

Langkah awal, tentunya kamu harus memilih terlebih dahulu bidang freelance apa yang akan kamu tekuni. Ruang lingkup freelance sangat luas meliputi jasa yang mempunyai nilai jual (komersil). Pastikan juga kamu punya minat dan keahlian di bidang tersebut. Contoh: untuk menjadi freelancer Digital Marketing tentunya kamu harus punya skills di bidang tersebut. Karakteristik jasa sangat berbeda dengan barang. Pahami betul jasa yang kamu tekuni mulai dari tren pasar, pola transaksi, pola produksi dan pola komunikasi.

Langkah kedua, kamu bisa mulai memperbanyak portofolio dan jam terbang misal dengan menawarkan jasa secara gratis (pro bono/trial), rajin berlatih, mengikuti event/kompetisi/kontes, mengikuti sertifikasi/pelatihan, bekerja dan membuat proyek/karya mandiri. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan dari calon Klien dan kualitas dari jasa yang ditawarkan. Practice makes perfect!

Langkah ketiga, publikasikan portofoliomu di berbagai platform & sosial media yang relevan. Contoh: Behance.net bagi desainer dan illustrator, Github bagi programmer/developer, atau Linkedin bagi penyedia jasa seperti konsultan dan akuntan.

Langkah keempat, bangun jejaring dengan komunitas freelancer. Walau freelancer merupakan pekerja mandiri, namun pada praktiknya terkadang kamu membutuhkan partner. Jejaring juga penting untuk kamu bisa memahami kondisi dan mengakses pasar.

Langkah kelima, tawarkan jasamu dengan harga yang kompetitif yang sesuai dengan value pada jasamu di situs Freelancer!

Berjejaring bersama Suara Freelancer. Bizlook dengan Suara Freelancer telah menjalin kerjasama untuk mewujudkan ekosistem bagi Freelancer yang kondusif, suportif, edukatif dan kolaboratif. Di Suara Freelancer sebagai basecamp-nya Freelancer kamu akan mendapat banyak hal mulai dari sharing knowledge, networking, akses ke pasar, dan upgrading skills.

dan tawarkan jasamu di www.bizlook.id

Photo by manny PANTOJA on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *